Hadiah HUT Ke-27, SMK Ma’arif 2 Gombong jadi sekolah Unggulan

KEBUMEN (MadugoNews) – Dengan mengucap syukur Alhmdulillah, berkat Rahmat dan Pertolongan Allah SWT sampai pada hari ini SMK Ma’arif 2 Gombong telah masuk usia ke-27 di dunia pendidikan. Detik demi detik, hari berganti hari, bulan terus berlalu, tahun demi tahun, SMK Ma’arif 2 Gombong berdiri untuk memberikan pengabdian dan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya kepada perserta didik serta memberikan pengajaran dan pendidikan dengan penuh kesabaran dan tulus ikhlas.

Sebagai salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LPMNU) Kabupaten Kebumen pada khususnya dan Pendidikan Menengah Vokasi di bawah naungan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Jawa Tengah pada umumnya, SMK Ma’arif 2 Gombong memiliki peranan penting dalam membentuk dan mendidik karakter siswa-siswi yang memiliki kecakapan, keahlian, keterampilan dan inovasi dengan diimbangi Iman & Taqwa kepada Allah SWT, Akhlakul karimah ala Aswaja serta dedikasi yang tinggi kepada masyarakat, bangsa dan negara.

SMK Ma’arif 2 Gombong terus berupaya dan berjuang memunculkan bibit-bibit pemuda dan pemudi yang unggul dalam berbagai bidang, oleh karena itu dalam kesempatan ini tepatnya pada 09 Mei 1994 kemarin kami memperingati dan berdoa terus eksistensi SMK Ma’arif 2 Gombong pada HUT (Hari Ulang Tahun) yang ke-27. Semoga dengan bertambahnya usia, SMK Ma’arif 2 Gombong tambah jaya, tambah maju dan tambah sukses dalam mengemban tugas negara sebagai Penyelenggara Pendidikan Menengah Vokasi dan Pendidikan Karakter anak-anak bangsa.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ma’arif 2 Gombong (Madugo) didirikan pada tahun 1994 dengan SK Pendirian Nomor 525/1.03/V/1994 tertanggal 9 Mei 1994. Sekolah yang bernaung dalam Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Kebumen ini terletak di Jl. Kemukus No 96 B Gombong, Kebumen, Jawa Tengah.

Sekolah kebanggaan warga Nahdliyin ini telah berulang kali meraih sertifikat ISO 9001:2008 pada tahun 2013 dan meningkat meraih sertifikat ISO 9001:2015 pada tahun 2018. Artinya, SMK Madugo dianggap memenuhi standar Internasional di bidang sistem manajemen mutu.

Kepala SMK Madugo Arif Rochman, M.Pd.I mengatakan bahwa dengan diterimanya sertifikasi  ISO ini menunjukkan, bahwa manajemen mutu di semua unit kerja di SMK Ma’arif 2 Gombong telah memenuhi standar kepuasan pelanggan. “Standar manajemen ISO 9001:2015, merupakan jaminan bagi dunia kerja. SMK Madugo telah diakui manajemennya oleh dunia internasional,” kata Arif yang juga Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Kuwarasan.

SMK Madugo berkomitmen akan terus mencetak lulusan yang handal dan profesional yang memegang teguh aqidah Ahlussunnah Waljama’ah (Aswaja) An-Nahdliyah. Komitmen tersebut merupakan implementasi visi SMK Madugo yakni SMK Ma’arif 2 Gombong merupakan sekolah berbasis pesantren dan masuk sebagai sekolah rujukan memiliki target menghasilkan mutu lulusan yang berakhlakul karimah, terampil, mandiri dan berwawasan global.

Misi SMK Madugo yakni Menyelenggarakan pendidikan agar lulusannya memiliki akhlakul karimah yang berkarakter ahli sunnah wal jamaah, menyelenggarakan pendidikan yang menyenangkan dan bermutu, menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang produktif, terampil dan mandiri sebagai tenaga ahli tingkat menengah, menyelenggarakan pendidikan yang lulusannya memiliki kompetensi untuk bersaing dalam era global guna menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

SMK Madugo memiliki 3 (tiga) pilihan jurusan keahlian, yakni Teknik Audio Video, Teknik Kendaraan Ringan, dan Teknik Pendingin dan Tata Udara.  Pilihan kegiatan ekstrakurikuler dan wadah kegiatan siswa juga sangat beragam. Mulai dari olahraga, pramuka, kesenian, Palang Merah Remaja (PMR), Paskibra, Polisi Keamanan Sekolah (PKS), Pecinta Alam, dan OSIS. Yang menarik SMK Madugo juga memiliki wadah kreativitas dunia boardcasting dan kepenyiaran bagi siswanya, yakni Radio Madu FM 89.4 MHz.

Adapun Fasilitas yang dimiliki SMK Madugo pun sangat lengkap. Mulai dari bengkel dan ruang praktik masing-masing jurusan keahlian, lab komputer, lab bahasa, lab sains, lab multimedia, ruang praktik gambar teknik, perpustakaan multimedia, dan sarana penunjang lain semua lengkap.

Berbagai prestasi juga telah diraih seperti Juara 1 Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Jawa Tengah, Pramuka, Bola Voli, dan prestasi yang lain. Prestasi dan kelengkapan fasilitas ini menjadi daya tarik SMK di mata masyarakat. Jumlah siswa SMK Madugo kini sudah mencapai 1046 siswa.

Lebih lanjut, Kasek Arif yang juga Sekretaris Lembaga Ta’mir Masjid (LTM) PCNU Kabupaten Kebumen menyampaikan di HUT ke 27 tahun ini, SMK MA’ARIF 2 Gombong juga akan membuka 3 jurusan baru yaitu Teknik Elektronika Industri (TEI) Teknik Bisnis dan Sepeda Motor (TBSM), dan Teknik Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

“Kami akan tetap berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan manajemen mutu sekolah yang besar ini, salah satunya dengan membuka jurusan baru yaitu Teknik Elektronika Industri, Teknik Bisnis dan Sepeda Motor dan Teknik Rekayasa Perangkat Lunak. Semoga dengan bertambahnya jurusan tersebut sekolah akan bertambah manfaat di masyarakat.” harap Arif

“Amanah masyarakat ini akan kami jaga dengan terus meningkatkan kualitas lembaga secara konsisten dan menyeluruh. Sumber daya guru-karyawan, sarana prasarana, prestasi akademik, non akademik, akan terus menjadi perhatian utama. Sebuah kebahagiaan dan kebanggan bagi civitas akademika SMK Madugo bisa ikut ambil bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa ini, yang utama adalah sebagai wujud syukur senantiasa tetap berdoa memohon pada Allah SWT agar tetap dapat melaksanakan dan mengemban tugas demi sukses dan jaya SMK Ma’arif 2 Gombong,” Imbuh Arif.

Selamat HUT SMK Madugo ke 27
SMK Bisa…!!
SMK Bisa Hebat…!!
SMK Madugo Jaya….!!