MGMP KKPI/SIMDIG SMK Kabupaten Kebumen kembali Aktif

KEBUMEN (MadugoNews) – Pengurus MGMP KKPI / SIMDIG Kabupaten Kebumen kembali menggelar pertemuan Musyawarah Guru Mata Pelajaran KKPI untuk Kurikulum 2006 (KTSP) dan Simulasi Digital untuk Kurikulum 2013 yang diselenggarakan di SMK Negeri 2 Kebumen, Selasa (8/12/15) Kemarin.

Acara yang dimulai pukul 09:00 pagi itu diawali dengan bacaan basmallah dan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama, dilanjutkan sambutan dari Kepala SMK Negeri 2 Kebumen yang diwakili oleh Waka Bidang Kurikulum Wartono, S.Pd., M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan MGMP ini diharapkan ada hasil yang maksimal demi kemajuan kompetensi para peserta didik di masing-masing SMK se-Kabupaten Kebumen.

Wartono menambahkan “Jangan sampai sama-sama pelajaran KKPI/SIMDIG namun materinya yang disampaikan berbeda. Untuk itu dari MGMP ini diharapkan dapat membuahkan hasil yang maksimal sehingga Kegiatan MGMP dapat menjadi landasan sebagai acuan kesamaan materi”.

Dilain hal beliau menyampaikan kalau pertemuan MGMP dilaksanakan 1 kali sebulan tentunya bagus namun akan berdampak negatif bagi para peserta didik dimana sering ditinggal oleh gurunya, sehingga pertemuan MGMP diharapkan harus lebih efektif dan maksimal. Tegas Wartono.

Sementara itu Ketua MGMP KKPI/SIMDIG SMK Kabupaten Kebumen Ari Kusworo, S.Kom., M.Sc. menyampaikan bahwa pertemuan ini adalah pertemuan yang perdana setelah sedikit fakum dimana pengurus belum dapat maksimal kerjanya, sehingga diharapkan kontribusi dan peran serta para anggota untuk lebih aktif lagi dalam kegiatan MGMP KKPI ini.

Ari menambahkan bahwa undangan kegiatan tersebut sebanyak 56 SMK dari 66 SMK se-Kabupaten Kebumen, adapun guru mapel KKPI dan SIMDIG yang hadir dalam MGMP tersebut berjumlah 51 orang guru atau 90% kegiatan perdana dapat dikatakan sukses.

Adapun Kegiatan MGMP yang dilaksanakan di sekolah rujukan SMK Negeri 2 Kebumen ini meliputi Pengisian profil Anggota MGMP, Membentuk Kepengurusan dan Anggota MGMP, Membuat AD/ART dan selanjutnya Menyusun Program Kerja Tahun 2016.

MGMP yang dihadiri guru-guru Mapel KKPI, SIMDIG dan BK-TIK SMK se Kabupaten Kebumen itu digelar pukul 09.00 sampai dengan 13.00 WIB. Kendati difokuskan untuk guru-guru TIK (KKPI, SIMDIG dan BK-TIK), pada pelaksanaannya beberapa guru dari lingkungan Dikmen Kebumen ini juga sangat tertarik dan antusias mengikuti agenda tersebut seperti yang diungkapkan Peserta MGMP KKPI dari SMK Ma’arif 6 Ayah Salimin Haryanto, S.ST.

Salimin menyampaikan “dengan adanya pertemuan seperti ini sangat membantu guru mapel KKPI, sehingga menambah informasi dan wawasan bagi kita dimana kesamaan materi yang disampaikan kepada peserta didik haruslah sama antara satu sekolah dengan sekolah lain”.

Peserta lain dari SMK Ma’arif 2 Gombong Bambang Hermanto, SE., menuturkan bahwa pertemuan semacam ini sangat baik bagi guru mapel dimana dapat menyambung silaturrahim dan menambah wawasan keilmuan bagi guru mapel itu sendiri.

Menurut info yang disampaikan oleh ketua terpilih Ari Kusworo, S.Kom., M.Sc. Pada pertemuan kedua nanti akan dilaksanakan pada bulan Februari 2016 dimana agendanya adalah MGMP rutin triwulanan yang rencananya akan diselenggarakan di Hotel Candisari Karanganyar. “Pada pertemuan tersebut, akan dilaksanakan juga Pelantikan Pengurus Baru, sehingga nyawa Mapel KKPI, SIMDIG dan BK-TIK SMK se Kabupaten Kebumen ini dapat terus hidup dan berkembang” jelas Ari. (Sfd)