Persiapan LKS SMK Tingkat Nasional, Nur Kholis Mantapkan Latihan

GOMBONG (MadugoNews) – Menjelang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ke XXVIII Tingkat Nasional 2020, Nur Kholis selalu disiplin untuk latihan. Juara 1 LKS SMK Tingkat Propinsi Jawa Tengah untuk mata lomba Refrigerasi tahun 2019 lalu itu terus berlatih secara intensif untuk memantapkan diri pada LKS tingkat Nasional mendatang.

“Untuk persiapan mewakili Propinsi Jawa Tengah di LKS SMK XXVIII Tingkat Nasional, Alhamdulillah mas Nur Kholis rajin ikuti latihan dengan guru pembimbingnya. Nur Kholis menjalani rangkaian program latihan selama 3 bulan menjelang dilaksanakannya LKS SMK secara virtual atau daring.” Ungkap Suri Kartika Wati, S.Pd. Kepala Program Studi Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) SMK Ma’arif 2 Gombong didampingi Guru Pembimbing Latihan Joko Tri Sarwanto, A.Md.

Suri menambahkan, Nur Kholis yang juga siswa kelas XII Jurusan TPTU itu telah dihadapkan pada jadwal program latihan yang padat menjelang LKS SMK Tingkat Nasional 2020 ini. Berlatih setiap hari selama 3 bulan terakhir. “semoga kegiatan tersebut berjalan lancar, ini tentunya menjadi ikhtiar kami dalam mengikuti lomba dengan meraih skor yang maksimal.” terangnya.

Selama berlatih, Nur Kholis dibimbing oleh guru pembimbing dari SMK Ma’arif 2 Gombong sendiri yaitu Suri Kartika Wati, S.Pd., Joko Tri Sarwanto, A.Md., Ahmad Husaini, Alfa Romadoni dan Saiful Abdillah serta tim IT karena lomba akan dilakukan secara daring. Sedangkan untuk materi program latihan LKS Nasional 2020 ini, yaitu teori pendingin dan tata udara, perakitan refrigerasi domestik, wawancara serta penggunaan aplikasi daring zoom.

Sebelum Hari H Pelaksanaan LKS, terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang harus diikuti oleh peserta LKS yaitu Technical Meeting. Technical meeting LKS menggunakan aplikasi zoom yang diikuti oleh peserta lomba dan didampingi oleh pembimbing. Saat technical meeting, pembimbing dan peserta lomba mendapatkan penjelasan tentang teknis lomba dan sistem penilaian.

Selain itu masih kata Suri, sebelum pelaksanaan LKS juga telah diadakan uji coba jaringan dan gladi bersih yang akan dilaksanakan di rumah peserta lomba pada Kamis, 15 Oktober 2020. Sedangkan untuk lomba secara nasional akan diadakan pada tanggal 20 s.d. 22 Oktober 2020 bertempat di rumah peserta masing-masing.

“Sesuai peraturan dari panitia LKS tingkat Nasional, pelaksanaan LKS secara daring kali ini tidak boleh dilaksanakan di sekolah sehingga lokasi lomba disepakati di rumah peserta lomba LKS tingkat Nasional.” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala SMK Ma’arif 2 Gombong, Ngadino, S.Kom. mengaku bangga atas prestasi yang diraih siswanya itu, Pihaknya berjanji, para siswa yang telah mengukir prestasi akan diberikan beasiswa sesuai dengan tingkatan prestasi yang telah diraihnya.

Pihaknya selalu memberikan dorongan dan keleluasan kepada para siswa yang berjumlah 1.047 siswa itu untuk selalu mengeksplorasi prestasinya. “Saya bangga dan optimis, siswa-siswi SMK Ma’arif 2 Gombong dengan terus berjuang insyaaAllah akan mendapatkan yang terbaik.” terangnya.

Ngadino menambahkan, keberhasilan memang tidak datang tiba-tiba, prestasi Juara 1 LKS SMK XXVII Mata Lomba Refrigeration tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2019 lalu, itu semua berkat latihan yang serius juga.

“karenanya pada LKS Tingkat Nasional ini kami terus mempersiapkan segalanya. Semoga Nur Kholis bisa mempersembahkan yang terbaik dalam pelaksanaan LKS nantinya, mampu mengharumkan nama baik untuk propinsi Jawa Tengah, untuk kabupaten Kebumen dan untuk SMK Ma’arif 2 Gombong yang tercinta.” Ujar pria peraih penghargaan Kepala Sekolah Hebat Tingkat Nasional dari KITTO itu. (sfd)